Saturday 13 June 2009

History of Cinema3saTu



-----------------------------
--------
-

Blog Cinema3saTu didirikan sekitar awal bulan Mei 2009. Berawal dari kekecewaan terhadap salah satu forum yang tidak mengijinkan anggotanya untuk men-sharing file film yang menggunakan link idws (indowebster). Entah apa alasan forum tersebut melarang adanya link dari idws. Dari situlah muncul ide membuat blog pribadi untuk men-sharing film khususnya yang menggunakan link idws.

Nama Cinema3saTu sendiri terinspirasi dari nama kelas sewaktu duduk di bangku SMP tingkat tiga dahulu. Jumlah kelas pada waktu itu mencapai 11 (sebelas) kelas. Kebetulan saat itu admin tergabung di kelas 3 satu. "The Big Family of 3Satu", itulah motto kelas kita, menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan persahabatan hingga saat ini. Dari situlah akhirnya tercipta nama cinema3satu, perpaduan antara cinema (istilah dalam film) dengan 3satu (nama kelas 3satu).

Pada 2 Nopember 2009 sekitar pukul 20.00 WIB, blog cinema3satu sempat diblokir oleh pihak blogspot karena dianggap melakukan spam. Alhamdulillah berkat doa dan support teman-teman waktu itu, pada 12 Nopember 2009 pihak Blogspot bermurah hati membuka kembali akses terhadap blog cinema3satu.

Entah sejak kapan tepatnya, alamat url cinema3satu sudah tidak dapat dituliskan di situs Facebook. Menurut pesan yang muncul disebutkan bahwa url cinema3satu telah dilaporkan oleh pengguna Facebook karena menyalahi aturan. Dan sampai sekarang pun alamat url www.cinema3satu.blogspot.com masih tidak dapat dituliskan pada laman situs jejaring sosial Facebook.

Tepat pada 12 Juli 2010, blog cinema3satu telah di-hack oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya account blog cinema3satu, beberapa account lainnya seperti account email yahoo, account facebook, account paypal, account di mediafire, account di enterupload, dan beberapa account lainnya juga tidak dapat diakses. Semua file film yang telah diupload di mediafire dihapus oleh pelaku. Seluruh uang yang ada di paypal juga dipindahkan ke id paypal milik orang lain. Kita tidak tahu pasti apa motif penyerangan tersebut. Dan kita juga tidak tahu bagaimana cara pelaku dapat mengambil alih account kita padahal password sudah sangat acak dan admin bekerja secara stand alone artinya dipastikan tidak ada orang-orang terdekat yang tahu tentang cinema3satu. Beberapa sahabat cinema3satu mengatakan bahwa kita terkena keylogger yang sengaja dikirimkan oleh si pelaku agar dapat mengambil semua id dan password yang pernah kita ketikkan pada keyboard.

Pada 13 Juli 2010, Alhamdulillah keberuntungan masih berpihak, kita berhasil mengambil alih kembali account blog cinema3satu dengan bantuan pihak blogspot. Namun untuk account-account lainnya tidak berhasil kita dapatkan kembali. Sejak kejadian itu, aktifitas di facebook kita hentikan sampai sekarang.

Setengah tahun lebih sejak didirikannya cinema3satu, kita masih konsisten untuk berbagi dan tidak memasang iklan di blog cinema3satu, namun karena banyaknya permintaan dari pengunjung yang berminat untuk pemasangan iklan dan masih miskinnya admin, akhirnya kita pun membuka lowongan iklan, yach lumayan untuk menambah uang jajan dan biaya kuliah. Untuk itu kami mohon maaf kepada teman-teman jika saat ini terdapat space iklan di cinema3satu yang mungkin sedikit mengganggu.

Layout Cinema3saTu telah berubah sebanyak 2 kali. Pada perubahan yang ke dua ini, banyak dilakukan modifikasi sehingga hasilnya tampak seperti sekarang. Kita memakai konsep kesederhanaan pada layout cinema3satu. Meski terlihat kuno dan tidak atraktif, namun tetap kita pertahankan sebagai ciri khas dari cinema3satu. Pembuatan halaman Good Movie dan Bad Movie merupakan salah satu ide yang dapat kita buat untuk lebih membuat cinema3satu menjadi lebih dinamis. Semoga dikemudian hari kita dapat munculkan ide-ide yang lebih menarik lagi.

Cinema3satu banyak memberikan inspirasi kepada banyak pihak untuk membuat situs serupa. Bahkan lebih ekstrimnya lagi ada beberapa situs yang dibuat hampir 99% dimiripkan dengan cinema3satu baik itu nama, content (isi), tata letak dan sebagiannya. Link download milik kita juga banyak dicopas oleh pihak lain, tapi memang itulah resiko sharing di internet dan lambat laun kita bisa menerimanya dengan lapang dada serta berusaha berbagi dengan ikhlas. Terima kasih kami ucapkan juga kepada temen-teman di facebook waktu itu yang telah membuat desain logo buat cinema3satu yang saat ini kita pakai.


Pada 7 April 2011, cinema3satu mengalami cobaan yang luar biasa. Bagaimana tidak, blog yang telah dibangun dengan susah payah tanpa mengenal lelah selama 2 tahun, pada hari itu tiba-tiba tidak dapat diakses sama sekali dan muncul tulisan "Blog telah dihapus". Ya pihak blogspot telah menghapus blog kesayangan kita dengan alasan adanya pihak tertentu yang melaporkan keberadaan cinema3satu. Kejadian tersebut tak ayal membuat kami sangat terpukul dan sempat berpikir bahwa cinema3satu telah habis. Mungkin banyak yang merasa sedih seperti kita dengan terhapusnya cinema3satu, tapi mungkin ada yang tertawa dan merasa senang dengan kejadian ini.

Yah itulah hal paling berat yang harus dihadapai cinema3satu saat ini. Pencapaian luar biasa cinema3satu saat itu adalah:
  • Pengunjung per harinya = 368.509 (sitemeter)
  • Total pengunjung = 76,920,992 (sitemeter)
  • Total pageview = 126,765,676 (sitemeter)
  • Rata-rata sekitar 1100 online / hari (whos.amung.us)
  • Alexa Rank = 6.711 
  • Rangking 83 di Indonesia (alexa)
  • Google Rank = 3
Pencapaian fantastic tersebut tiba-tiba hilang begitu saja. Terhapusnya cinema3satu oleh blogspot sempat menjadi perbincangan hangat saat itu. Dan tentunya kami ucapkan banyak terima kasih buat teman-teman di Kaskus yang saat itu sangat peduli terhadap kami sampai membuat thread khusus terkait terhapusnya cinema3satu. Dengan berbagai pertimbangan dan tentunya support setia dari sahabat dan fans cinema3satu, akhirnya kami putuskan untuk membangun ulang cinema3satu dari nol meskipun itu terasa sangat berat.

Pasca dihapusnya cinema3satu, banyak sekali bermunculan situs-situs maupun blog kloningan yang mengatasnamakan cinema3satu dan mengklaim bahwa mereka dari pihak resmi cinema3satu. Motifnya tentu saja demi keuntungan sepihak.

Nama pertama yang kita pilih adalah www.cinema3satu-2.blogspot.com sebagai nama sementara karena ke depannya kita berencana membuat domain sendiri untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi kembali. Pengunjung cinema3satu-2 untuk pertama kalinya mungkin sekitar 50 orang. Sedih juga rasanya melihat sebelumnya pengunjung yang mencapai ribuan, sekarang hanya puluhan. Tapi itulah kenyataan yang harus kita terima.

Dengan berbagai pertimbangan dan berkat hasil polling yang kita adakan, maka kita putuskan untuk memilih domain Icinema3satu.com sebagai alamat resmi cinema3satu untuk seterusnya. Pada icinema3satu.com tidak ada perubahan yang signifikan dibandingkan cinema3satu sebelumnya. Perubahan hanya terlihat pada bentuk menu drop horizontal serta penyusunannya saja. Selebihnya sama persis karena kita sengaja mempertahankan ciri khas layout cinema3satu. Proses recovery secara otomatis gagal kita lakukan sehingga mau tidak mau kita melakukan recovery secara manual. Hampir 3 bulan proses recovery yang kita lakukan belum juga selesai sehingga domain icinema3satu.com belum dapat diakses sepenuhnya.

Pada 2 Juli 2011,  akhirnya dengan 99% database yang berhasil direcoveri, kami memutuskan untuk beralih sepenuhnya ke domain www.icinema3satu.com. Tentunya masih banyak yang harus diperbaiki terutama menu-menu dan indek2 film.

Kami sadar betul bahwa cinema3satu banyak yang menyayanginya, tetapi tidak sedikit pula yang membencinya. Untuk itu kami harus siap menerima apapun yang akan terjadi terhadap cinema3satu ke depannya. Dengan berbekal dukungan dan support teman-teman, kami akan berusaha untuk menjaga agar cinema3satu dapat tetap eksis dan berbagi untuk semua. "Long Live Cinema3satu"



Hormat Kami
Admin Cinema3saTu
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment